Penyebab,Solusi,Tips Mengatasi Beterai Dicharge Malah Berkurang

Penyebab,Solusi,Tips Mengatasi Beterai Dicharge Malah Berkurang - Ada banyak faktor penyebab terjadinya kerusakan pada charge ponsel android yang menyebabkan proses charge tidak berjalan semestinya. Dalam beberapa kasus pengguna menemukan bahwa setelah melakukan proses charging yang lama tetapi baterai ponsel tidak kunjung penuh, tidak mengisi, atau bahkan lebih parahnya  malah berkurang  .

Baterai dicas malah berkurang


Jika kalian menemui permasalahan seperti yang saya jelaskan di atas , berarti kalian sudah tepat membaca artikel ini.

Pada artikel ini kita akan membahas berbagai masalah pada proses charging ponsel  serta sekaligus cara mengatasi permasalahan yang kita temui nantinya.

Perlu diingat  bahwa tidak sepenuhnya benar jika ponsel mengalami permasalahan charging berarti charge ponsel  lah yang rusak atau penyebabnya. Nyatanya ada banyak faktor lain yang bisa menjadi penyebab masalah pada proses charging seperti kerusakan baterai, kerusakan kabel USB, kerusakan port charge, atau kerusakan pada komponen internal ponsel itu sendiri.

Oleh sebab itu alangkah baiknya jika kita tidak terburu-buru untuk menyimpulkan permasalahan yang terjadi disebabkan oleh charge yang rusak dan solusinya dengan membeli charge baru. Cara tersebut malah mungkin bisa saja percuma jika ternyata penyebab sebenarnya bukanlah pada chargenya melainkan karena faktor lain.

Untuk itu sebelum kita melakukan tindakan percuma yang bisa membuang waktu dan materi kita bisa melakukan hal-hal kecil yang bisa kita lakukan sendiri untuk mengetahui dimana letak kesalahan yang terjadi pada permasalahan ini dengan cara sebagai berikut:

  1. Periksa dan bersihkan lubang port karena bukan tidak mungkin lubang port yang kotor atau terganjal sesuatu bisa menjadi penyebab terjadinya masalah pada charging. Periksa dan pastikan tidak ada benda asing yang mengganjal  dalam port, lalu coba pastikan kita telah menghubungkan port usb dengan benar lalu lakukan charging . Jika masalah masih belum teratasi lanjut kelangkah kedua.
  2. Cobalah lakukan charging menggunakan kabel USB lain, jika setelahnya baterai ponsel dapat terisi normal berarti letak permasalahan ada pada kabel USB itu sendiri. Solusinya kita hanya perlu mengganti kabel USB denggan yang baru.Jika kita sudah melakukan cara kedua tetapi masalah tak kunjung terselesaikan kita coba cara selanjutnya.
  3. Coba gunakan adaptor charger lain. Jika cara ini berhasil berarti solusinya adalah dengan mengganti adaptor charge dengan yang baru.
  4. Coba gunakan baterai lain karena ada kemungkinan charging tidak bisa bejalan baik pada kondisi baterai yang tidak normal atau kita bisa mencoba  untuk melepas baterai ponsel lalu charge menggunakan desktop. Jika baterai terisi dengan baik berarti ada kemungkinan permasalahan terjadi bukan pada baterai ponsel melainkan pada komponen internal ponsel.
       Untuk solusinya kita perlu membawa membawa ponsel kita ketempat service karena mungkin              akan  diperlukan pergantian komponen hardware ponsel yang perlu dilakukan oleh orang dengan          keahlian khusus dalam bidang tersebut.

Selain permasalahan di atas ada juga mungkin dari kita mengalami masalah lain seperti:
  1. Indikator pengisian tetap berjalan setalah melakukan charging full (100%), kemungkinan masalah ini terjadi karena adanya kerusakan pada IC-Power dan perlu pergantian dengan komponen yang baru.
  2. Jika indikator pengisian tetap berjalan padahal tidak sedang dicharge berarti ada kerusakan pada software, solusinya dengan melakukan flashing ulang ponsel.
  3. Jika  setiap akan melakukan charging ponsel selalu mati ada dua kemungkinan terjadi kerusakan pada IC-Power atau IC-Charge.
  4. Setelah melakukan upgarde OS yang  bertujuan untuk melakukan pembaruan sytem untuk tujuan menghilangkan bugs yang terjadi pada versi sebelumnya tidak menutup kemungkinan akan memunculkan bugs baru yang bisa menyebabkan Baterai tidak bisa penuh saat melakukan charging. Solusinya kita tinggal melakukan downgrade pada OS ponsel kita.
Faktor lain penyebab baterai dicharge tidak penuh: Charger yang tidak sesuai dengan tipe ponsel, Costum ROM yang tidak cocok.
5 Tips merawat komponen charger ponsel : 

  1. Gunakanlah charge yang sesuai dengan ponsel dan kapasitas baterai. Sebagai saran gunakanlah charge orisinil handpone karena charge orisinil telah dibuat dan disesuaikan dengan tipe ponsel kita.
  2. Colokan charge pada stop kontak dengan mulus saat akan melakukan charge.
  3. Lakukan charge pada keadaan ponsel tidak aktif( mati ).
  4. Segera cabut dan simpan charge setelah pengisian baterai selesai.
  5. Simpan charge dengan keadaan kabel tidak terhubung dengan adaptor charge, satukan dengan membuat simpul kecil lalu ikat dengan karet atau tali . Hindari mengikat terlalu erat kabel karena bisa merusak serabut kawat .

Sekian posting kali ini tentang berbagai permasalahan proses charge pada ponsel. Semoga informasi , solusi, dan tips yang terdapat pada artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab,Solusi,Tips Mengatasi Beterai Dicharge Malah Berkurang"

Posting Komentar