Cara Ampuh Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus  Di Android – Salah satu buah dari kemajuan tekonologi ialah munculnya berbagai jenis ponsel canggih, salah satunya adalah android. Dengan menggunakan ponsel android kini kita bisa menggunakan ponsel bukan hanya sebagai alat untuk mengirim atau menerima telpon dan sms semata. Pada ponsel-ponsel android yang sekarang ini banyak perusahan-perusahan elektronik saling bersaing menciptakan inovasi terbaru untuk menciptakan ponsel yang mampu melakukan berbagai hal. Para perusahaan bersaing untuk meningkatkan berbagai kemampuan yang ada pada ponsel android mulai dari kapasitas memori, ram, procesor, jaringan, kamera dan masih banyak lagi. Tak heran ponsel android kini disebut juga dengan smartphone karena dengan berbagai fitur dan permforma cerdas ponsel android yang saat ini memungkinkan bagi kita untuk melakukan berbagai hal  yang sebelumnya tidak dapat kita lakukan menggunakan ponsel.

Dengan menggunakan ponsel android kita dapat menyimpan dan mengakses berbagai jenis file seperti foto, video, game, ataupun dokumen lainnya.

Tapi pernahkah kalian mengalami satu hal ketika kita hendak mencari file yang tersimpan pada ponsel kita namun file tersebut malah tidak dapat kita temukan kembali entah karena itu terhapus baik secara sengaja ataupun tidak sengaja? Dan bagaimana jika file tersebut merupakan file penting atau file kenangan yang satu-satunya kita miliki? Pastinya hal tersebut bisa menjadi mimpi buruk bagi kita karena berbeda dengan komputer yang memiliki fitur recycle bin yang memungkinkan untuk file tersimpan pada folder recycle bin sesaat setelah terhapus dan nantinya file tersebut masih dapat kita kembalikan (restore) jika kita berubah pikiran. Namun di ponsel android kita tidak memiliki fitur recycle bin sama seperti halnya dengan komputer. Lalu apa yang harus kita lakukan? Mungkin di jaman yang sudah serba internet ini sebagian dari kita akan bertanya ke Mbah google,” Bagaimana Cara Mengembalikan File Atau Foto Yang Terhapus Di Android? “ . Jika kalian melakukan hal tersebut dan kalian memutuskan untuk masuk ke blog ini dan membaca artikel ini berarti langkah kalian sudah tepat.

Kalian bisa simak panduan di bawah ini karena pada artikel ini kita akan membahas tentang cara mengembalikan file, foto, dan data yang terhapus di android .

baca juga : 14 Cara Ampuh Menghemat Baterai Android Agar Tidak Boros

Cara Mengembalikan File, Foto, Dan Data Di Android Tanpa Root
Bagi kalian yang belum atau tidak ingin melakukan root pada ponsel kalian, tenang disini kalian bisa mencoba beberapa cara di bawah ini.

1. Mengembalikan Foto Menggunakan Aplikasi Restore Image
Salah satu enaknya menggunakan ponsel android adalah banyaknya berbagai aplikasi bermanfaat yang dapat kita unduh langsung melalui google play strore. Nah, salah satu aplikasi bermanfaat yang akan kita gunakan kali ini untuk mengembalikan foto yang terhapus di android kali ini bernama Restore Image . Kalian bisa download langsung aplikasi restore image melalui google play store atau bisa dengan klik di sini  .

Untuk cara penggunaannya sendiri cukup simpel. Setelah kalian download dan install aplikasi tersebut kalian buka aplikasi tersebut lalu pilih tempat penyimpanan yang akan kita scan untuk mencari file yang terhapus. Setelah memilih tempat atau lokasi penyimpanan tekan tombol scan lalu tunggu hingga proses scan selesai. Setelah proses scan selesai akan muncul berbagai foto atau gambar yang sebelumnya telah terhapus, kalian bisa pilih semua atau beberapa file lalu untuk mengembalikannya cukup tekan tombol “restore”. Selesai, sampai saat ini kita sudah berhasil mengembalikan foto atau gambar yang terhapus dari ponsel android kita.
Cara Ampuh Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android

Cara Ampuh Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android

Cara Ampuh Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android

Cara Ampuh Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android

Cara Ampuh Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android


2. Mengembalikan Foto Dan Video Menggunakan Aplikasi Diskdigger
Sama seperti aplikasi sebelumnya aplikasi yang satu ini juga ampuh untuk mengembalikan file baik foto maupun video yang terhapus pada ponsel kita. Tapi satu kelemahan pada aplikasi ini adalah khusus untuk mengembalikan file video menggunakan aplikasi ini kita perlu melakukan root pada android kita terlebih dahulu. Untuk cara root android bisa kalian baca di posting sebelumnya yang terdapat di blog ini.

Aplikasi ini bisa kalian download melalui google play store atau bisa klik di sini  .

Untuk cara penggunaannya aplikasi ini tidaklah berbeda jauh dengan aplikasi sebelumnya kita hanya perlu melakukan scan pada lokasi yang telah kita tentukan lalu pilih restore/recover pada aplikasi untuk mengembalikan file yang telah kita pilih.
Cara Ampuh Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android


3. Mengembalikan Foto Yang Terhapus Via Aplikasi Photo Recorvery
Aplikasi yang satu ini juga ampuh untuk mengembalikan foto atau gambar yang terhapus pada ponsel android kita.

Aplikasi ini bisa kita download langsung melalui google play store atau bisa dengan klik di sini  .Untuk cara penggunaannya cukup buka aplikasi ini lalu pilih “start recover”, setelah scan selesai kalian bisa pilih foto atau gambar mana yang kalian ingin kembalikan lalu tekan recovery untuk mengembalikan file tersebut.
Cara Ampuh Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android


4. Mengembalikan Foto Yang Terhapus Menggunakan Aplikasi Photo Recovery Workshop
Sama hal dengan aplikasi sebelumnya aplikasi ini ampuh untuk mengembalikan foto yang terhapus di ponsel android. Cara penggunaannya pun sangat simpel jadi kita tidak perlu pusing jika tidak bisa mengoprasikannya. Untuk mendapatkannya kalian bisa download langsung di google play atau klik di sini .
Cara Ampuh Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android


5. Mengembalikan Foto Atau Video Yang Terhapus Menggunakan Fitur Google Photo
Menggunakan cara yang satu ini kita tidak perlu menginstal aplikasi lagi. Namun untuk menggunakan aplikasi ini kita harus pastikan bahwa kita sudah mengaktifkan menu “pencandangan dan sinkronisasi akun Google terlebih dahulu. Satu hal lagi yang perlu diingat adalah dengan menggunakan aplikasi ini kita hanya dapat mengembalikan file yang sudah terhapus paling lama 60 hari pada ponsel kita. Jadi kita tidak akan dapat mengembalikan file yang sudah terhapus lebih dari 60 hari.

6. Mengembalikan File Android Yang Terhapus Menggunakan Recuva ( Aplikasi PC)
Sebenarnya aplikasi recuva sendiri tidak hanya dapat kita gunakan untuk mengembalikan file yang hilang di Android tapi juga dapat mengembalikan berbagai file yang tersimpan baik itu di flash disk, kartu memori, atau pun pada hard disk pc kita.

Untuk melakukan cara yang satu ini untuk mengembalikan file yang hilang di android pertama kita perlu mendownload dan menginstall aplikasi recuva di pc kita terlebih dahulu.Untuk downloadnya kalian bisa klik di sini . Setelah terinstall kita perlu menghubungkan ponsel android kita dengan pc menggunakan kabel USB.


  • Setelah terhubung pastikan memori ponsel kita sudah terdeksi.
  • Setelah itu pilih jenis file yang akan dikembalikan atau bisa pilih all files jika kalian ingin mengembalikan segala jenis file.
  • Pilih Lokasi pencarian file.( Pilih “In a specific location” jika kalian ingin memilih sendiri lokasinya dan pilih “im not sure” jika kalian tidak yakin dengan lokasi file yang akan kalian cari.
  • Jangan lupa centang deep scan untuk pencarian yang lebih dalam.
  • Setelah proses scan selesai pilih dengan mencentang file yang sudah ditemukan dan ingin kalian kembalikan.
  • Lalu pilih Recover Checked.
  • Lalu pilih dimana file tersebut akan kalian simpan nantinya.
  • Lalu pilih “ OK”. 

Selamat Kalian telah berhasil mengembalikan file yang telah terhapus pada ponsel android kalian.

Cara Mengembalikan File, Foto, Dan Data Di Android Yang Sudah Root

Sebelum melakukan cara yang di bawah ini pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel android kita telah diroot. Jika sudah dipastikan kalian bisa coba langsung cara-cara di bawah ini.

1. Mengembalikan File, Foto, Dan Data Di Android Menggunakan Aplikasi Undeleter

Aplikasi yang satu ini juga ampuh untuk mengembalikan berbagai jenis file mulai dari foto,video atau file-file lainnya. Tapi untuk menikmati fitur lengkapnya seperti mengembalikan video atau file lainnya kita perlu membeli aplikasi ini versi berbayar. Sedangkan untuk versi gratisnya kita hanya dapat mengembalikan file foto dan text yang terhapus di ponsel kita. Untuk mendownloadnya kita bisa download langsung di google play store atau bisa klik di sini


2. Menggunakan Aplikasi Dumpster- Recycle bin
Aplikasi yang satu ini fungsinya sama halnya dengan fungsi recycle bin yang ada pada pc. Tentunya dengan adanya aplikasi ini kita bisa menanggulangi file yang tidak sengaja terhapus karena file tersebut masih akan tetap tersimpan pada folder recycle bin sebelum benar-benar terhapus. Dengan begitu kita masih dapat mengembalikan file yang terhapus tersebut.

Aplikasi ini bisa kalian download langsung di google play store atau dengan klik di sini .
Cara Ampuh Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android


Itulah beberapa Cara Untuk Mengembalikan File,foto, Video Yang Terhapus Di Android yang bisa kalian pilih dan coba. Semoga bermanfaat.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ampuh Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android"

Posting Komentar