14 Cara Ampuh Menghemat Baterai Android Agar Tidak Boros

Cara Ampuh Menghemat Baterai Android – Di jaman serba modern ini hampir segala aktifitas kita lakukan bersama dengan ponsel android. Entah itu saat bekerja, berlajar, atau pun ketika kita sedang bersantai kita hampir tidak akan lepas dengan ponsel android kita. Hal tersebut terjadi karena perkembangan ponsel android yang makin kesini semakin canggih hingga ponsel ini tak lagi hanya menjadi alat komunikasi semata melainkan sebagai alat serbaguna. Bagaimana tidak ponsel android kini dapat melakukan hal-hal mulai dari membantu perkerjaan kita, belajar, hingga hiburan pun bisa kita nikmati melalui ponsel android. Kita hanya perlu mendownload aplikasi yang tersedia dan kita bisa menikmati fitur-fitur menarik dari ponsel ini.
Cara Ampuh Menghemat Baterai Android


Satu hal yang sangat disayangkan dari ponsel android dibanding dengan ponsel-ponsel yang bukan termasuk smartphone adalah ponsel jenis android cenderung boros dalam penggunaan daya baterai sehingga jangka waktu hidup ponsel android akan lebih singkat dibanding dengan ponsel biasa. Hal ini terjadi karena banyaknya proses yang harus dijalankan oleh ponsel android. Entah  itu ketika kita membuka aplikasi, bermain game , atau browsing menggunakan internet. Ada juga fitur multi tasking yang memungkinkan bagi kita untuk membuka lebih dari satu aplikasi dalam satu waktu juga ambil alih dalam borosnya penggunaan daya baterai pada ponsel android. Pada intinya semakin sering dan banyak kita menggunakan aplikasi akan membuat komponen procesor bekerja lebih keras dibanding ketika ponsel tidak digunakan hal ini memicu ponsel membutuhkan daya yang lebih untuk menjalankan proses yang aplikasi timbulkan.

baca juga : Cara Mudah Menghapus (Uninstall) Aplikasi Bawaan Android

Dengan jangka waktu hidup yang singkat, tentunya sangatlah mengganggu kita sebagai pengguna. Bagamana tidak? Dengan cepat habisnya daya pada baterai kita mau tidak mau harus melakukan charging ponsel android lebih sering dibanding biasanya. Padahal terlalu sering melakukan charging juga tidaklah baik bagi kesehatan baterai ponsel kita, hal tersebut malah akan membuat jangka hidup ponsel android semakin singkat karena baterai kita ngedrop.

Untuk itu dalam artikel kali ini androidspot99 akan memberikan beberapa tips agar ponsel android tidak boros baterai sehingga kita tidak perlu sering-sering melakukan charging.

Cara Menghemat Baterai Android Agar Tahan Lama

1. Jangan Gunakan Wallpaper Animasi Dan Warna-Warni
Mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui jika penggunaan wallpaper juga dapat mempengaruhi pemakaian daya pada ponsel android kita.

Penggunaan wallpaper animasi atau penuh warna  akan memicu penggunaan daya lebih pada ponsel android, sehingga hal itu juga merupakan salah satu faktor penyebab baterai android boros. Pada faktanya menggunakan wallpaper sederhana sebagai contoh berwarna hitam polos dapat menghemat penggunaan daya dibanding dengan menggunakan wallpaper penuh warna yang memakan daya lebih banyak dalam penggunaannya.

2. Matikan Mode Getar (Vibration)
Menggunakan mode vibration memanglah sangat berguna misalnya ketika kita berada pada suatu tempat ( seperti kelas, kantor,dll) yang mana bunyi ponsel dapat menggangu kenyamanan orang lain, disaat seperti inilah mode vibration ini sangat membantu kita dalam memberikan isyarat untuk kita ketika ponsel kita menerima panggilan ataupun notifikasi. 

Tapi taukah kalian jika menggunakan mode vibration akan memakan lebih banyak daya dibanding ketika kita menggunakan mode ringtone sebagai isyarat ketika ponsel kita menerima panggilan ataupun notifikasi lainya. 

3. Redupkan Kecerahan ( Brightness) Pada Ponsel Kamu
Perlu diketahui, layar smartphone merupakan salah satu komponen yang memakan daya cukup besarpada ponsel kita. Oleh karena itu kita perlu menyesuaikan pencahayaan pada ponsel kita agar daya baterai tidak boros

Kalian bisa menyesuaikan pencahayaan lebih terang ketika berada di luar ruangan (outdoor) khususnya siang hari karena ketika berada di outdor pada siang hari cahaya matahari cenderung lebih terang dibanding layar ponsel kita, sehingga kita perlu menaikkan tingkat kecerahan pada ponsel kita agar dapat terlihat. Sebaliknya ketika kita berada di dalam ruangan (indoor) atau saat malam hari, kita sebaiknya menyesuaikan pencahayaan ponsel kita untuk lebih redup. Karena pada saat berada dalam ruangan atau pun ketika malam hari yang kondisinya lebih gelap dibanding saat siang hari ponsel kita akan tetap dapat melihat dengan jelas layar smartphone kita walaupun kondisi pencahayaan smartphone kita redup (minim).
Cara Ampuh Menghemat Baterai Android


4. Atur Waktu Stand-By Layar Android Kamu
Seperti yang sudah kita ketahui di poin ke-tiga tadi, layar smartphone merupakan salah satu komponen yang memakan banyak daya. Oleh karena hal itu, layar yang menyala ketika ponsel tidak digunakan akan membuang daya sia-sia. Alangkah baiknya kita mengatur waktu stand-by layar android kita lebih singkat menjadi 15 detik saja, sehingga seketika layar smartphone kita akan mati jika tidak ada aktifitas yang kita lakukan pada smartphone kita. Tentunya hal ini akan memperhemat penggunaan daya pada smartphone kita.
Cara Ampuh Menghemat Baterai Android


5. Matikan Fitur Rotasi Otomatis (Auto Rotation)
Dengan menggunakan fitur auto rotation kita bisa sesuka hati memposisikan layar smartphone kita karena secara otomatis layar smartphone juga akan menyesuaikan dengan posisi kita. Fitur ini memang sangat membantu tapi juga merupakan satu fitur yang menguras daya baterai. Dengan menon-aktifkan fitur ini  akan membuat daya baterai bertahan lebih lama.

6. Matikan Konektifitas Ketika Tidak Digunakan
Menyalakan fitur konektifitas seperti bluetooth, WI-Fi, dan koneksi data dapat menguras daya baterai lebih cepat. Oleh sebab itu alangkah baiknya mematikan fitur-fitur tersebut ketika tidak terpakai. Dan nyalakan kembali ketika sedang diperlukan.
                              Cara Ampuh Menghemat Baterai Android
7. Gunakan Headset Ketika Mendengarkan Musik Atau Nonton Video
                     Cara Ampuh Menghemat Baterai Android
Menggunakan perangkat headset ketika melakukan aktifitas seperti mendengarkan atau menonton video pada smartphone dapat menghebat daya baterai lebih lama dibanding dengan menggunakan loud speaker.

8. Aktifkan Mode Pesawat ( Air Plane Mode) Ketika Berada Di Tempat Yang Memiliki Sinyal Buruk
Dengan menyalakan mode pesawat pada saat berada di tempat yang memiliki sinyal buruk, kita akan menghentikan proses ponsel kita untuk mencoba mencari sinyal terus menerus. Dengan begitu baterai android akan lebih hemat.

9. Hindari Menggunakan Widget Terlalu Banyak
Menggunakan widget terlalu berlebih dapat membuat baterai menjadi boros. Gunakan widget yang benar-benar diperlukan dan hapus widget yang tidak diperlukan.

10. Hindari Keluar Dari Aplikasi Atau Game Dengan Menekan Tombol Home
Menekan tombol home pada saat membuka aplikasi atau game memang kita akan keluar dan kembali ke tampilan home screen kita. Tapi cara tersebut bukanlah cara yang tepat untuk keluar dari aplikasi atau game karena sebenarnya ketika kita menekan tombol home aplikasi atau game yang sebelumnya kita jalankan akan tetap berjalan, tombol home disini hanya akan me minimize aplikasi atau game yang kita buka sebelumnya. Kita bisa melanjutkan aplikasi atau game yang kita buka sebelumnya dengan menekan tombol multi tasking pada smartphone kita dan aplikasi atau game yang kita buka sebelumnya akan muncul. Alangkah baiknya ketika ingin keluar dari  aplikasi atau game yang kita buka, gunakanlah tombol keluar (exit) yang tersedia pada aplikasi atau game tersebut.

11. Matikan Atau Unistall Aplikasi Yang Tidak Terpakai
Aplikasi Instagram, Facebook, Twitter dll akan terus berjalan walaupun sedang tidak digunakan. Aplikasi jenis ini juga mengharuskan untuk selalu terhubung dengan internet. Oleh karena itu selain dapat membuat boros baterai aplikasi seperti ini juga bisa membuat kuota internet kita menjadi boros.

12. Matikan GPS
Menggunakan fitur GPS juga sangat memakan daya baterai, oleh sebab itu aktifkan GPS hanya saat akan membuka map ataupun sedang mencarai lokasi dapat membuat baterai smartphone lebih irit .

13. Jangan Sering-Sering Maen Game 
Aktifitas yang satu ini memang sangat mengasyikan untuk menghabiskan waktu luang atau menghilangkan penat. Tapi aktifitas ini sangatlah boros akan penggunaan daya baterai karena saat bermain game ponsel android akan memproses baik audio ataupun video yang ada pada game tersebut. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk tidak bermain game jika ingin baterai ponsel kamu tetap hidup lebih lama.

14. Melakukan Charge yang Efisien
                     Cara Ampuh Menghemat Baterai Android
Dengan melakukan charge yang efisien akan membuat baterai kita terisi secara optimal. Lalu bagaimana cara melakukan charge yang efisien itu? Untuk melakukan charge yang efisien sangatlah mudah, kita hanya cukup tidak menggunakan ponsel kita ketika sedang melakukan  proses charging sampai daya terisi penuh atau lebih baik lagi jika kita mematikan smartphone kita ketika proses charging itu berlangsung sampai nanti saat daya sudah terisi penuh.


Begitulah 14 Cara Ampuh Menghemat Baterai Android Agar Tidak Boros. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "14 Cara Ampuh Menghemat Baterai Android Agar Tidak Boros"

Posting Komentar