Cara Dan Tips Ampuh Agar HP Tidak Lemot Saat Bermain Game

Cara Dan Tips Ampuh Agar HP Tidak Lemot Saat Bermain Game - Kini android muncul dengan berbagai spek yang sangat hebat. Bermain game dengan grafis dan audio yang super keren kini bukanlah hal yang mustahil dengan spek yang android kita miliki saat ini. Tapi tak jarang kita akan merasakan semakin lemotnya kinerja  ponsel kita apalagi ketika kita sedang membuka aplikasi atau  bermain game . 


cara mengatasi game lemot di android


Untuk itu pada artikel kali ini kita akan membahas  Cara Dan Tips Ampuh Agar HP Tidak Lemot Saat Bermain Game

Dalam artikel ini saya akan membagi tutorial ini menjadi dua  cara yang berbeda. Cara yang pertama kita akan menggunakan cara yang tanpa aplikasi khusus. Sedangkan pada bagian kedua kita akan membahas cara yang perlu menggunakan aplikasi . Ok langsung saja simak yang di bawah ini.

Cara Bermain Game HD Tidak Lag Tanpa Menggunakan Aplikasi :

    1. Matikan Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Mematikan aplikasi yang tidak perlu sangatlah penting karena setiap kita menjalankan sebuah aplikasi pastinya akan memakan memory RAM. 

Untuk caranya kita hanya masuk ke menu pengaturan> Aplikasi> manage aplikasi> Aplikasi yang sedang berjalan> lalu pilih aplikasi yang akan di matikan> lalu pilih berhenti.

    2. Menghapus Cache dan Junk file

Cache dan junk file yang menumpuk akan membuat ponsel kita semakin berat karena memakan ruang memori. Oleh karena itu menghapus cache dan junk file sangatlah efektif untuk membuat ponsel kita agar tidak lemot .

Caranya : buka menu pengaturan> Aplikasi> manage aplikasi> semua aplikasi > lalu pilih aplikasi yang akan di hapus cachenya> lalu pilih hapus cache. ( Sebagian ponsel android mungkin memiliki cara yang berbeda). Atau bagi kalian yang tidak mau ribet melakukan langkah-langkah manual kalian bisa menggunakan aplikasi pembersih cache yang banyak tersedia. Bagi kalian yang ingin mendownload aplikasinya bisa baca artikel 11 Aplikasi Pembersih Cache Android Terbaik .

    3.   Hindari Bermain Game Saat Posisi Baterai HP Di bawah 20%

Kenapa? karena ponsel android akan memerlukan daya lebih besar saat kita melakukan aktifitas berat dalam hal ini bermain game merupakan salah satu aktifitas yang cukup memakan daya baterai. Oleh sebab itu perlu bagi kita untuk memastikan baterai kita di atas 20% ketika kita hendak bermain game.

    4. Delete File Tidak Terpakai / Tidak Penting

File yang kurang berguna atau tidak terpakai sebaiknya di hapus karena file tersebut hanya akan menyempitkan ruang memori pada ponsel kita yang akan berdampak pada lemotnya sytem kita. Untuk album foto atau video kenangan yang mungkin sayang untuk dihapus kita bisa mengakalinya dengan menyimpannya pada cloud storage .

    5.  Pastikan Memori Internal Tetap Dalam Keadaan Lega / Tidak Penuh

Dalam memori internal tersimpan file penting dan file sytem android. Jika hanya ada sedikit ruang pada memori internal akan menyebabkan ponsel kita lemot. Oleh sebab itu ada baiknya kita menyimpan berbagai file yang bisa diletakkan pada memori eksternal pada memori eksternal tidak pada memori internal.

    6. Update Firmware 
Tujuan update firmware tak lain adalah agar system lebih kompatibel dengan berbagai versi aplikasi terbaru.

    7. Copot Widget

Ya widget, mungkin sebagian orang berpikir dengan menggunakan widget tampilan pada ponsel kita akan semakin lebih menarik. Padahal penggunaan widget sendiri mengambil andil besar dalam hal borosnya baterai pada ponsel kita terlebih dengan menggunakan live wallpaper akan semakin membuat ponsel kita boros baterai. Selain itu widget juga memakan ruang RAM secara terus menerus saat ponsel kita menyala. Oleh sebab itu widget bisa menjadi salah satu faktor besar penyebab ponsel kita menjadi lemot.

    8. Lakukan Factory Reset

Perlu diingat jika kita hendak melakukan cara ini pastikan kita telah mem-backup semua file penting yang ada ponsel kita. Pasalnya dengan melakukan cara ini kita akan menghapus semua data-data kita termasuk cache dan junk file. Setelah melakukan cara ini ponsel akan kembali menjadi seperti awal settingan pabrik.

Cara Bermain Game HD Di Android Tidak Lag Menggunakan Aplikasi

Selain menggunakan cara manual yang telah kita bahas pada bagian pertama tadi kita juga bisa meningkatkan performa ponsel android kita ketika bermain game dengan menggunakan aplikasi. Berikut di bawah ini merupakan tutorialnya.


  1. Download aplikasi game booster di Google Play Store .
  2. Setelah download buka aplikasi game booster.
  3. Buka aplikasi game booster dan pilih game yang akan dimainkan
  4. tap 2 kali pada game yang akan dimainkan setelah itu proses boosting akan berjalan.
cara mengatasi game lemot di android


Nah jika setelah menggunakan aplikasi game booster tapi kita masih merasakan lemot pada saat bermain game. Kita bisa menggunakan satu aplikasi tambahan lagi untuk semakin menunjang performa ponsel kita yang bernama Seeder. Untuk tutorial pemakaiannya kalian bisa simak yang di bawah ini.

  1. Download  aplikasi Seeder di Google Play Store .
  2. Setelah download buka aplikasi Seeder.
  3. Lalu tinggal aktifkan tombol Enable Seeder Lag Reducion.
  4. Selesai, lalu buka game yang akan dimainkan.
cara mengatasi game lemot di android

Itulah beberapa cara yang kita bisa lakukan untuk mengatasi lemot saat bermain game. Dengan cara-cara diatas semoga dapat membantu para pembaca agar lebih nyaman saat bermain game di Android.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Dan Tips Ampuh Agar HP Tidak Lemot Saat Bermain Game"

Posting Komentar